Sabtu, 05 Februari 2011

PENTINGNYA PELAYANAN PRIMA

Setiap perusahaan selalu mengharapkan kelangsungan hidupnya dalam jangka panjang bahkan terus menerus. keberhasilan perusahaan dalam memasarkan produk berupa barang / jasa, akhir-akhir ini sangat di pengaruhi oleh bentuk-bentuk pelayanan yang di berikan kepada pelanggan. Salah satu syarat utama dalam menciptakan dan mempertahankan pelanggan adalah melaksanakan pelayanan prima (service excellent). Pelayanan prima di istilahkan dengan excellent service adalah suatu pelayanan yang terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. pelayanan terbaik ini berorientasi pada kepentingan konsumen atau pelanggan agar pelanggan memperoleh kepuasan yang optimal. konsep pelayanan prima tidak terlepas dari kemampuan seseorang atau sekelompok orang dalam melaksanakan layanan secara optimal dengan menggabungkan konsep kemampuan, sikap, perhatian, penampilan, tindakan dan tanggung jawab dalam proses memberikan pelayanan kepada konsumen atau pelanggan.
Berikut ini beberapa definisi mengenai pelayanan prima adalah sebagai berikut: 1.Pelayanan prima membuat pelanggan merasa penting.
2.Pelayanan prima menempatkan pelanggan sebagai mitra.
3.Pelayanan prima melayani pelanggan dengan ramah, tepat, dan cepat.
4.Pelayanan prima adalah pelayanan dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. 5.Pelayanan prima adalah pelayanan optimal yang menghasilkan kepuasan pelanggan. 6.Pelayanan prima adalah kepedulian kepada pelanggan untuk memberikan rasa puas. 7.Pelayanan prima adalah upaya pelayanan terpadu untuk kepuasan pelanggan.

Di lingkungan Instansi pemerintah pelayanan prima di atur dengan surat keputusan menteri pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81 tahun 1993. Ada 8 sandi atau unsur pelayanan prima yang harus di laksanakan oleh setiap Aparatur Negara di seluruh Indonesia. Unsur-unsur pelayanan prima tersebut adalah kesederhanaan, kejelasan dan kepastian, keamanan, keterbukaan, efisiensi, ekonomis, keadilan yang merata dan ketepatan waktu.

Dalam dunia bisnis / Instansi Pemerintah sering kita mendengar kalimat "Utamakan pelayanan atau Servis kepada tamu atau pelanggan". kalimat tersebut benar sekali, karena kita sebagai penyedia barang / jasa (provider) harus mamperhatikan dan melayani kebutuhan pihak pengguna barang / jasa (user).

Adapun tujuan Pelayanan Prima, antara lain, yaitu:
1.Untuk menimbulkan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan.
2.Untuk menjaga agar pelanggan merasa di pentingkan dan di perhatikan segala kebutuhannya.
3.Untuk mempartahankan pelanggan agar tetap setia menggunakan barang / jasa yang di tawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar